Pages

Rabu, 20 Februari 2013

Model Belajar Pramuka jenjang Taman Kanak-kanak ( TK )

Dalam alur organisasi pramuka, tingkatan terendah adalah Siaga atau setara siswa SD. Meski begitu bukan halangan bagi siswa TK untuk aktif berkiprah dalam bentuk pramuka. Adalah TK Tadika Puri Kediri, yang menunjukkan kiprah tersebut. Tidak saja ada, pramuka kecil ini juga sarat dengan agenda layaknya pramuka umumnya. Salah satu kegiatan yang digagas adalah perkemahan rekreasi yang diselenggarakan pada Sabtu pekan lalu. Pilihan lokasi jatuh pada Kebun Raya Purwodadi.

Kakak Nyari Perlengkapan Pramuka ??
Klik Disini aja kak,
Liat-liat aja dulu, kalo cocok baru Beli, , ,  ,

“Pramuka Kids adalah salah satu mata agenda tetap yang kami miliki. Bisa saja kami menjadi satu-satunya pramuka kecil yang ada di Kota Kediri,” terang Titik Setyaningsih SPd, Kepala TK Tadika Puri Kediri,.

Dalam kegiatan tersebut, pramuka TK Tadika Puri Kediri berkegiatan layaknya pramuka-pramuka umumnya. Berseragam lengkap dengan atribut kepramukaan, mereka mengawali dengan apel bersama. Dilanjutkan pada materi-materi, yang disusun dengan unsur kompetitif. Satu persatu melahap porsi aktivitas luar ruangan semacam halang rintang, ketangkasan, keberanian melayang di udara dengan tali, hingga berkotor-kotor dalam genangan lumpur.

Peserta dalam kegiatan tersebut, disebutkan Titik, adalah siswa jenjag TK A dan TK B. Sebab pada jenjang inilah siswa dinilai cukup mampu mencerna nilai yang ingin ditanamkan. Sebab materi dalam kegiatan tersebut bukan saja aktifitas ketangkasan dan keberanian, namun juga kemandirian. Seluruh kegiatan dilakukan oleh siswa, meskipun orang tua turut dalam rombongan.

“Dalam tenda, siswa harus bisa berganti baju sendiri, ganti sepatu sendiri jika kotor. Termasuk makan, dan membersihkan peralatan pribadi,” imbuhnya.

Pun tidak menutup kemungkinan siswa pada jenjang playgroup untuk turut serta. Berbekal acara rekreasi keluarga, mereka juga nampak satu dua dalam rombongan. TK Tadika Puri Kediri juga mendesain orang tua aktif pada kegiatan tersebut. Beberapa macam lomba kecil bagi orang tua termasuk pada kegiatan akhir pekan tersebut.

Sumber : presensi-kediri.koranpendidikan.com

0 komentar:

Posting Komentar