Pages

Kamis, 07 Maret 2013

Dandim Nunukan : Pramuka Membangun Karakter Bangsa

NUNUKAN -  ​Komandan Kodim 0911 Nunukan Letnan Kolonel Infantri Budijanto  mengatakan, kegiatan kepramukaan yang berdiri di setiap sekolah sangat penting untuk membangun karakter generasi muda yang berjiwa kebangsaan dan cinta akan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Terlebih lagi cinta kepada Kabupaten Nunukan yang berbatasan langsung dengan Malaysia," ujarnya hari ini di Pantai Eching, saat memberikan pengarahan kepada sekitar 70 Pramuka Penggalang Ramu dan Penggalan Rakit, Gugus Depan 01.003 - 01.004 Pangkalan SMPN 1 Nunukan.

Pada kesempatan itu, Dandim menyerahkan bantuan berupa 70 unit kompor lapangan dan parafin untuk mendukung kegiatan kepramukaan di SMPN 1 Nunukan.

Kalo Nyari Perlengkapan Pramuka
Ya disini tempatnya . . . . .

Bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan SMPN 1 Nunukan Jatmiko, disaksikan pamong Saka Wira Kartika Jenderal Soedirman, pembina gudep, dewan Saka Wira Kartika dan anggota Pramuka Penggalang SMPN 1 Nunukan.

Jatmiko mengatakan, pihak sekolah mendukung kegiatan kepramukaan dan berharap agar semua siswa khususnya di SMPN 1 Nunukan bisa mengikuti kegiatan ekstrakuler kepramukaan.

"Karena didalam kepramukaan ada nilai-nilai kedisiplinan yang ditanamkan, yang nantinya bisa diaplikasikan dalam diri masing - masing untuk bekal dikemudian harinya," ujarnya seraya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan Kodim 0911 Nunukan untuk mendukung kegiatan kepramukaan di sekolah yang dipimpinnya.

Sementara itu 22 Pramuka Calon Penggalang SMP 1 masing-masing 9 putra dan 13 putri dilantik menjadi Penggalang Ramu. Acara pelantikan Penggalang Ramu dilakukan dengan upacara pelantikan dan pengucapan Janji Pramuka Tri Satya. Para Pramuka  Putra dilantik pembina putra, Silas dan Penggalang Ramu Putri dilantik pembina putri, Luly Tri Handayani.

Usai melantik para Pramuka,  Luly mengatakan, kegiatan pelantikan dilaksanakan sehubungan dengan Pramuka Calon Penggalang telah menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU), lebih kurang selama dua bulan lamanya.

Calon Penggalang yang belum dilantik, tentunya juga diharuskan untuk mengisi SKU agar bisa mencapai Penggalang Ramu. Untuk Penggalang Ramu wajib mengisi SKU Penggalang Rakit dan selanjutnya Penggalang Terap.

Selain acara pelantikan, kegiatan itu juga dirangkaikan dengan penjelahan. Masing-masing regu disiapkan peta perjalanan. Mereka harus melaksanakan perintah menaksir tinggi pohon, membuat tandu dan P3K.

Usai menjelajah, ada sejumlah games persahabatan yang menarik peserta diantaranya merayap, memindahkan karet dengan sedotan, memindahkan tisu dengan sedotan, jalan kepiting menggunakan balon, buang diri untuk membangun kebersamaan dalam regu dan mental serta mandi tepung.

Sumber kaltim.tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar